Kisah Sedih McDonald Bersaudara

June 14, 2017

Siapa yang tidak tahu McDonald's? Perusahaan franchise makanan siap saji ini sangat terkenal dan jaringannya tersebar di seluruh dunia. Tapi siapa sangka McDonald's menyimpan cerita menyedihkan dibalik kesuksesannya. Dan tidak tanggung-tanggung melibatkan pendiri McDonald's sendiri. 



Seperti dilansir quora.com (06/06/17), Ray Kroc membeli brand McDonald's dari McDonald bersaudara senilai 3 juta dollar. Selain itu, Ray Kroc menjanjikan akan memberikan 1% dari keuntungan penjualan McDonald's selanjutnya. Tapi karena alasan teknis, perjanjian 1% tersebut tidak bisa dibuat secara tertulis (hmmm jadi penasaran tepatnya alasan teknis seperti apa 👀). Dan McDonald bersaudara (dengan bodohnya) setuju bahwa perjanjian tersebut hanya secara lisan.

Dan seperti yang diperkirakan (bagi yang mengetahui sifat rakus manusia), Ray Kroc mengingkari perjanjian tersebut. Berdasarkan nasdaq.com (13/06/17), pendapatan tahunan McDonald's pada tahun 2016 sebesar 4,6 miliar dollar. Kalikan saja dengan 1%, yang harusnya bisa dinikmati keturunan McDonald bersaudara, raib begitu saja karena keserakahan Ray Kroc.

 Ray Kroc

Cerita ini terungkap setelah beredarnya film The Founder. Dari sini kita bisa mengambil pelajaran tentang sifat manusia dan bisa berhati-hati dalam membuat keputusan bisnis. Apapun itu yang menyangkut uang, diusahakan selalu buat perjanjian secara tertulis.

You Might Also Like

3 comments

  1. serem ya. bukti kalau segala sesuatunya sebaiknya ada hitam di atas putih apalagi menyangkut bisnis begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mon. Gw nyesek pas baca artikel itu. !% (doang) sih tapiiiiiii

      Delete
  2. Gw benci ngeliat keserakahan kakek tua yg sombong, didunia selamat di akhirat kekayaan g akan nolong lo

    ReplyDelete

About me



mpok lala/lala gembul
jengkol lover; asinan addict
introvert bersampul ekstrovert

Recent Post