Curhatan Vokalis Payung Teduh Soal Maraknya Cover Lagu Akad Tanpa izin

September 29, 2017

fahrezy.wordpress.com

Begitu hitsnya lagu “Akad” Payung Teduh membuat video klip yang dipublikasikan tanggal 4 September kemarin telah meraih hingga 19 juta viewers. Pencapaian ini bahkan mengalahkan hits Coke Bottle dari Agnes Monica. Besarnya animo masyarakat terhadap lagu ini membuat banyak orang yang mengcover dan mengunggahnya di Youtube. Coba saja cek dengan masukkan kata kunci “cover lagu akad payung teduh”, kamu akan mendapati lebih dari 200.000 video.



Fenomena ini ternyata membuat sang vokalis yang bernama Mohammad Istiqamah Djamad justru curhat di akun instagramnya @pusakata. Dalam curhatannya, ia meminta bagi yang mengcover dan mengkomersialkan lagu ini seharusnya minta izin terlebih dahulu. Sikap Is ini bisa dimengerti, lihat saja pada salah satu cover lagu Akad, terdapat video yang mendapat 28 juta viewers, melebihi video aslinya.




Tapi ada yang pro dan kontra terhadap sikap Is. Sebelum kolom komen dikunci, dari brilio.net (28/09/17) sempat menulis berbagai komentar dari warga instagram terkait hal ini.

"@tertangkap setidaknya izin dulu, pt dri pertama udh ngebebasin lagunya buat di cover, di jdiin parody, aransemen nya di ganti tapi malah di salah gunakan, coveran nya di jual belikan, manggung bawain akad tanpa izin, ya kali pt gk bertindak," komentar akun @rchmnnn.

"Minta izin trus bayar royalti kan simple. Brutal memang," sambung @mmatfajar.

"@yudhatigor kalau lagi mangung trus di req sama penonton trus lagunya belum izin apa harus izin dlu?" timpal akun @andrelates.

"@sarcessar ya. kl sekedar cover di youtube, record pake hp segala macem ya nggak perlu kan gue ijin ke mendiang john lennon buat cover lagu-lagu dia," tambah @anggitid.

Hmm rumit juga ya jadinya. Ya udah mending dengerin lagu aslinya aja ya biar gak pusing jadinya.



Sumber : brilio.net

You Might Also Like

0 comments

About me



mpok lala/lala gembul
jengkol lover; asinan addict
introvert bersampul ekstrovert

Recent Post