Jerman Menjadi Negara Paling Bebas Stres di Dunia

September 16, 2017

Kota Stuttgart, Jerman (sumber : news18.com)

Berdasarkan hasil penelitian mengenai Kota-kota yang Paling Sedikit Membuat Stres Tahun 2017, sepertinya Jerman menjadi negara paling tenang dan bebas stres. Hal ini disebabkan, dari 10 peringkat teratas kota-kota yang paling bebas stres, 4 kota di Jerman termasuk di dalamnya. Dilansir dari news18.com (14/09/17), sebelum menentukan skor tiap kota, para peneliti menganalisa terlebih dahulu kriteria sebagai berikut. Kepadatan penduduk, tingkat pengangguran, transportasi umum, keamanan polusi udara, tingkat kemacetan, pelayanan sosial, hubungan antar etnik, daya beli masyarakat, dan jumlah hari yang cerah dalam setahun. Terdapat 17 kriteria secara keseluruhan untuk masing-masing kota dan daftar peringkat melibatkan 150 kota tujuan. 

Kota yang menempati peringkat teratas adalah Stuttgart, Jerman. Negara ini unggul pada kriteria seperti ruang terbuka hijau, aspek keamanan, daya beli masyarakat, dan kesehatan mental penduduknya. Untuk mengukur kondisi kesehatatan mental penduduknya, para peneliti mempelajari tingkat bunuh diri dan jumlah psikolog per kapita. Selain terkenal karena ruang terbuka hijaunya, Stuttgart juga dikenal sebagai kota produksi mobil mewah ternama, yakni Daimler (Mercedes-Benz) dan Porsche. Kota lainnya di Jerman yang masuk dalam 10 peringkat teratas adalah Hanover, Munich, and Hamburg.

Hanover, Jerman (sumber : incomingpartners.eu)

Penelitian ini dilakukan oleh Zipjet, sebuah perusahaan layanan kebersihan dari pintu ke pintu melalui aplikasi yang berbasis di London, Inggris. Hubungannya dengan penelitian ini adalah mereka mengembangkan teknologi yang bisa mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari. 

Secara keseluruhan, kota-kota di Eropa mendominasi dalam 10 peringkat teratas, dengan pengecualian kota Sydney, Australia. Sementara untuk Amerika diwakili oleh Seattle yang masuk peringkat 12. Dan untuk pertama kalinya, Kanada bisa menduduki peringkat ini yang diwakili oleh kota Montreal dengan peringkat 24. Sementara kota Baghdad menjadi kota paling membuat stres disusul oleh kota Kabul, Afghanistan. Tidak mengejutkan ya, karena kota ini merupakan area konflik. 

Montreal, Kanada (sumber : canadianaffair.com)

Berikut daftar 10 kota di dunia paling bebas stres menurut Zipjet :

1. Stuttgart, Jerman
2. Luxembourg 
3. Hanover, Jerman
4. Bern, Switzerland 
5. Munich, Jerman
6. Bordeaux, France 
7. Edinburgh, UK 
8. Sydney, Australia 
9. Hamburg, Jerman
10. Graz, Austria

Sumber : UC News

You Might Also Like

0 comments

About me



mpok lala/lala gembul
jengkol lover; asinan addict
introvert bersampul ekstrovert

Recent Post