Kisah Mengharukan Anjing-Anjing Penyelamat Manusia

September 13, 2017


imdb.com

Pernah dengar Hachiko?. Anjing yang terkenal karena kesetiaannya sampai-sampai Hollywood membuat film berkisah tentangnya yang diperankan oleh aktor kawakan Richard Gere. Hachiko menjadi terkenal karena selama 9 tahun dia menunggu pemiliknya pulang ke rumah padahal pemiliknya sudah meninggal.

Selain lucu, anjing juga terkenal dengan berbagai keterampilan yang dimilikinya. Karena itu tidak heran anjing banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, misalnya sebagai anjing pelacak. Anjing juga terkenal setia terhadap pemiliknya hingga banyak yang bahkan menganggap anjing sebagai anak sendiri, bukan hanya hewan peliharaan.

Berikut kisah mengharukan antara anjing dan manusia dirangkum dari berbagai sumber yang bisa membuat kamu menitikkan air mata.

1. RaeLee anjing penyelamat pengidap Down syndrome

Diberitakan dari situs mashable.com (13/03/13) suatu pagi, tetangga Yolanda Sevogia, Stacey Savige menanyakan apakah dirinya bisa menjaga anjing yang tersesat dan berkeliaran di sekitar SD penduduk setempat. Yolanda setuju tapi hanya untuk hari itu saja. Keduanya kemudian memfoto anjing tersebut dan menyebar selebaran sebanyak 4.000 buah serta mengiklankannya di situs Craiglist.

mashable.com

Sementara itu, Yolanda berbelanja untuk keperluan anjing tersebut sambil memperingatkan dua anaknya untuk tidak jatuh cinta dengan anjing yang hanya dititipkan sementara. Sebagai informasi, Yolanda memiliki dua anak lelaki, Azaiah yang berusia 10 tahun dan Christian berusia 21 tahun. Christian mengidap penyakit Down syndrome dan baru saja menjalani operasi jantung dan ginjal.

Empat hari kemudian Yolanda masih menjaga anjing yang tersesat itu dan mulai memanggilnya dengan RaeLee. Ketika Yolanda tiba di rumah sehabis pulang kerja, dia melihat RaeLee di kaca pintu rumahnya sambil menggonggong dengan liar. Segera setelah Yolanda membuka pintu, RaeLee langsung menuju ke kamar Cristian di mana Yolanda mendapati Christian sedang mengalami kejang hebat. Segera setelah Yolanda menghampiri Christian, RaeLee mendadak diam.

“Jika dia (RaeLee) tidak segera menghampiriku, ahli saraf mengatakan bahwa Christian pasti sudah tersedak dengan darahnya sendiri dan meninggal”, ujarnya kepada Tampa Bay Times. Dan hingga saat itu, belum ada satupun yang mengakui RaeLee hingga akhirnya Yolanda memutuskan untuk memeliharanya.

Keesokan paginya, Stacey mendapat panggilan telepon dari pria bernama Randy yang mengatakan bahwa anjing yang ada di selebaran adalah miliknya. Stacey kemudian menangis sambil berkata kepadanya “anjing itu telah menyelamatkan nyawa anak temanku”.

Randy kemudian pergi ke rumah Yolanda untuk menjemput anjingnya yang hilang yang kemudian diketahui bernama Odie. Saat hendak mengambil Odie, Randy melihat Azaiah sedang menangis di teras dan Christian di jendela. Setelah beberapa lama akhirnya Randy berkata “Mungkin memang Odie ditakdirkan untuk bertemu dengan kalian, mungkin kalianlah yang harus menjaganya”.

2. Ciccio, anjing yang mengunjungi gereja setelah pemiliknya meninggal

Dilansir dari situs huffingtonpost.com (20/01/13) sebelum kematiannya, Maria Margherita Lochi selalu pergi ke gereja ditemani dengan anjingnya yang bernama Ciccio. Setelah kematian Lochi, Ciccio dilaporkan masih sering mengunjungi Gereja Santa Maria Assunta di Desa San Donaci. Tempat dimana dilakukan upacara pemakaman Lochi.

Menurut kesaksian Pendeta Donato Panna, Ciccio selalu ada setiap dia melakukan misa dan perilakunya sangat baik, tidak berisik sama sekali. Biasanya Ciccio duduk di bawah altar dekat pendeta. Banyak yang menduga bahwa Ciccio masih berharap untuk bisa bertemu Lochi.

dailymail.co.uk

Sebenarnya Lochi memiliki beberapa anjing liar, tapi Ciccio dilaporkan merupakan anjing favoritnya. Kunjungan Ciccio yang rutin ke gereja membuat warga sekitar sering memberinya makanan, air, dan juga tempat perlindungan.

3. Capitán, anjing yang selama 6 tahun menunggui makam pemiliknya

Menurut informasi dari mashable.com (13/03/13), Capitán dinyatakan hilang selama beberapa hari sebelum ditemukan sedang berbaring di kuburan tempat pemiliknya, Miguel Guzmán dimakamkan. Miguel meninggal di rumah sakit dan dikubur di pemakaman yang agak jauh dari tempat tinggalnya.

mashable.com

Pertama kali direktur pemakaman melihatnya, Capitán sedang berada di pemakaman sendirian. Kemudian dia berkeliling sendiri mencari makam pemiliknya. Setelah ketemu, Capitán terus mengunjungi makam Miguel setiap hari pada pukul 18:00 selama 6 tahun.

4. Duke, anjing penyelamat bayi Harper

Diambil dari situs abcnews.go.com (15/10/12) Duke, anjing yang diadopsi 6 tahun yang lalu oleh Keluarga Brousseau menjadi terkenal setelah aksi heroiknya menyelamatkan bayi mereka, Harper yang baru berusia 9 minggu. Duke membangunkan pasangan suami istri Brousseau di tengah malam. Saat itu Duke benar-benar gemetar tak terkendali. Karena merasa ada yang tidak beres, keluarga Brousseau langsung menghampiri kamar anaknya, Harper. Alangkah terkejutnya mereka saat didapati Harper tidak bernapas.

dailymail.co.uk

Keluarga Brousseau segera menghubungi 911 dan tidak lama kemudian ambulan datang. Syukurlah Harper terselamatkan. Keluarga Brousseau tidak bisa membayangkan jika Duke tidak membangunkan mereka. Pasti mereka masih lelap tidur dan tidak mengetahui Harper yang tidak bernapas.

5. Swansea Jack, anjing penyelamat korban tenggelam

Seperti dilansir listverse.com (22/10/13), Swansea Jack merupakan anjing yang tinggal bersama pemiliknya William Thomas di daerah dekat Sungai Tawe, Swansea, Wales selama tahun 1930. Suatu hari, Jack melihat ada seorang laki-laki yang tenggelam di sungai. Jack segera berlari dan menarik anak tersebut ke daratan dengan menggigit bagian lehernya. Beberapa minggu kemudian, Jack dilaporkan menyelamatkan lagi seorang perenang di sungai yang sama. Dan hal ini terus berlanjut hingga 10 tahun kemudian Jack dilaporkan telah menyelamatkan nyawa 27 orang dari tenggelam di sungai yang merupakan salah satu sungai paling berbahaya di Wales.

Atas usahanya ini, Jack dianugrahi penghargaan sebagai Anjing Paling Berani oleh Dewan Swansea. Tidak hanya itu, Jack dibuatkan patung dan juga mendapat piala perak dari Walikota London.

swanseamuseum.co.uk

Sumber : UC News

You Might Also Like

0 comments

About me



mpok lala/lala gembul
jengkol lover; asinan addict
introvert bersampul ekstrovert

Recent Post