Pasangan Sesama Jenis Desainer Yves Saint Laurent, Pierre Bergé Meninggal

September 16, 2017

bbc.com

Dilansir dari bbc.com (08/09/17), pebisnis asal Perancis, Pierre Bergé yang membantu rekannya Yves Saint Laurent membangun rumah mode hingga bisa mendunia saat ini, telah meninggal di rumahnya di daerah Saint-Rémy-de-Provence, Perancis Selatan. Penyebab kematian pria yang berusia 86 tahun ini karena sakit yang telah dideritanya selama bertahun-tahun. Saint Laurent dan Bergé bersama-sama membangun label Yves Saint Laurent pada tahun 1961.

Bergé saat menghadiri Saint Laurent fashion show tahun 2017 (sumber : theguardian.com)

Selama hidupnya, Bergé dikenal aktif dalam memperjuangkan hak-hak kaum sesama jenis dan pada tahun 1994 ia mendirikan Sidaction, organisasi penggalangan dana yang ditujukan bagi penelitian dan penanganan penyakit AIDS. Mantan Menteri Kebudayaan Perancis, Jack Lang mengatakan bahwa Bergé benar-benar seorang pangeran di bidang seni dan budaya. 

Sebelum menjalin hubungan dengan desainer kenamaan Yves Saint Laurent, Bergé sempat menjalin cinta dengan seorang artis bernama Bernard Buffet. Pertemuannya dengan Saint Laurent terjadi pada tahun 1958. Hubungan percintaan keduanya berakhir pada tahun 1976. Meskipun begitu, Bergé dan Saint Laurent tetap menjadi teman dan rekan bisnis sepanjang hidup mereka. 

Bergé dan Saint Laurent (sumber : bbc.com)

Ditahun 2008, Saint Laurent meninggal karena kanker. Dan Bergé dijadwalkan musim gugur tahun ini untuk meresmikan museum di Paris dan Maroko yang didedikasikan kepada Yves Saint Laurent. “Yves dan saya saling mencintai satu sama lain: itu sangat penting untuk saya katakan. Dan kami bertekad untuk menciptakan rumah mode yang baru dan kami telah sukses mewujudkan itu”, ujarnya kepada program Witness ditahun 2016. 

Sumber : UC News

You Might Also Like

0 comments

About me



mpok lala/lala gembul
jengkol lover; asinan addict
introvert bersampul ekstrovert

Recent Post