Wow, Es Krim Ini Tidak Mencair!

September 16, 2017

Kanazawa Ice (sumber : twitter.com/kanazawaice)

Menikmati es krim sambil berjemur di pantai? Sekarang kamu bisa lakukan itu tanpa harus tergesa-gesa karena khawatir mencair. Di Jepang, tepatnya di distrik Higashi-Chaya terdapat toko yang menjual es krim yang tidak meleleh. Toko yang diberi nama Kanazawa Ice ini juga memiliki cabang di Osaka dan Tokyo.
rocketnews24.com

Menurut asahi.com (30/07/17), penemuan ini terjadi secara tidak sengaja. Para peneliti Biotherapy Development Research Center Co. di Kanazawa ketika itu meminta koki pastri untuk membuat makanan penutup menggunakan cairan polyphenol yang diekstrak dari buah strawberry. Hal ini dilakukan guna membantu para petani Perfektur Miyagi yang terkena dampak gempa bumi tahun 2011. Setelah bencana, mereka kembali menanam strawberry tapi ternyata bentuknya tidak layak untuk dipasarkan. Perusahaan ini kemudian berusaha memanfaatkan strawberry untuk kegunaan lain.

twitter.com/kanazawaice

Akan tetapi koki pastri selalu mengeluh jika krim susu yang digunakan untuk adonan pastri selalu mengeras saat cairan polyphenol ditambahkan. Koki mengira bahwa polyphenol tersebut mengandung zat yang “mencurigakan”. Dari sinilah kemudian muncul ide untuk membuat es krim popsicle yang tidak mencair. Tomihisa Ota, profesor bidang farmasi dari Universitas Kanazawa sebagai penemu es krim ini mengatakan bahwa sifat cairan polyphenol membuat air dan minyak sulit memisah sehingga es krim yang mengandung polyphenol akan mempertahankan bentuknya lebih lama dari es krim biasa dan juga lebih sulit mencair. 

rocketnews24.com

Klaim ini memang telah dibuktikan oleh konsumen yang membeli. Salah satu wanita yang berusia 30 tahun membiarkan es krimnya di bawah sinar matahari selama 5 menit dan hasilnya tidak berubah. Padahal kalau es krim yang biasanya pasti sudah meleleh kemana-mana. Seorang pembeli bahkan sangat niat untuk mengetes kebenaran es krim yang tidak mencair ini dengan mendiamkannya hingga 3 jam sambil terus diawasi lewat smartphone miliknya. Hasilnya memang benar. Meski teksturnya lebih lunak dan bentuknya sedikit berbeda, tapi hal ini tetap menakjubkan karena es krim biasa pasti sudah tidak berbentuk lagi dan cairannya pasti sudah kemana-mana. Tapi tidak dengan es krim Kanazawa. Untuk bisa melihat lebih jelas perubahan yang terjadi, bisa dilihat di video berikut.


Sumber : UC News

You Might Also Like

0 comments

About me



mpok lala/lala gembul
jengkol lover; asinan addict
introvert bersampul ekstrovert

Recent Post