Demi Naik Haji, Pria Asal Xinjiang Ini Naik Sepeda dari Cina Hingga Mekkah

October 04, 2017

Muhammad (sumber : merdeka.com)

Muhammad, pria asal Xinjiang, Cina rela menempuh perjalanan hingga 8.150 km menggunakan sepeda demi menunaikan ibadah haji. Pria yang hobi bersepeda ini disambut oleh rekan-rekannya sesama pesepeda saat tiba di Kota Taif. "Kami akan menemani dia sebelum beribadah haji, kami ajak (Muhammad) bertemu rekan-rekan pesepeda lainnya," ujar Nayef Al Rawas, salah seorang yang menyambut Muhammad di Taif. Meski begitu, tidak jelas apakah alasannya menggunakan sepeda karena tidakmampuan biaya. 


Menghadapi sikap represif Pemerintah Cina, tidak menyurutkan semangat muslim di Xinjiang untuk menunaikan ibada haji. Tahun 2016, Pemerintah Cina telah memberangkatkan sekitar 11.000 jamaah haji asal Negara Tirai Bambu tersebut. 

tirto.id

Selain Muhammad, kisah menginspirasi juga datang dari seorang warga muslim Chechnya yang berusia 63 tahun. Pada tahun 2007 ia rela menempuh perjalanan hingga 12.000 km naik sepeda dari desanya ke Mekah. Usia sepuh tidak menghalanginya untuk menunaikan nazar kepada sang ibu bahwa jika ada sedikit rezeki untuk bertamu ke Baitullah, maka dia ingin melakukannya lewat jalan darat.

Memang ya kalau niatnya sudah kuat, apapun bisa terjadi. 

Sumber : merdeka.com

You Might Also Like

0 comments

About me



mpok lala/lala gembul
jengkol lover; asinan addict
introvert bersampul ekstrovert

Recent Post