10 Masakan Indonesia Paling Enak Menurut Orang Bule

December 03, 2017

flightnetwork.com

Reputasi Indonesia yang dikenal dengan pantainya yang masih asli, airnya yang sangat jernih, dan biaya yang sangat terjangkau jika ingin berkunjung, membuat kuliner khas Indonesia jarang terekspos. Namun Indonesia yang memiliki lebih dari 17.000 pulau merupakan surganya kuliner yang lezat. Mulai dari mie yang harganya murah, nasi dan berbagai sup yang bisa ditemui di warung-warung makan, jajanan pinggir jalan yang tidak kalah enak, hingga masakan yang harganya sangat mahal, Indonesia menjadi negara yang masakannya layak diperhitungkan.

Dengan beragamnya kuliner yang ada, berikut 10 diantaranya yang paling enak seperti ditulis oleh Courtney McCaffrey dalam flightnetwork.com (27/11/14).

1. Nasi goreng

flightnetwork.com

Sarapan, makan siang, hingga makan malam, nasi goreng adalah jenis makanan yang akan sering kamu makan. Dan kamu pasti akan menyukainya. Terkadang nasi ini disajikan dengan telur goreng di atasnya, atau ditambah dengan udang, ayam, sayuran, dan lain-lain. Hampir semua restoran menyediakan menu nasi goreng.

2. Mie goreng

flightnetwork.com

Saudaranya nasi goreng ini dibuat dari mie yang digoreng dan ditambahkan dengan daging dan sayuran. Jenis bahan tambahannya pun beragam seperti nasi goreng, dan biasanya menu ini akan kamu temui juga di restoran yang menyediakan menu nasi goreng.

3. Satay (or Sate)

flightnetwork.com

Meski lafal namanya sangat mirip dengan metode masak dari Inggris yang disebut “sauté”, tapi jenis makanan yang dimaksud sangat berbeda. Sate adalah daging yang ditusuk dan dimasak di atas arang. Sate umumnya disajikan bersama nasi dan ditambah dengan saus yang rasanya sangat lezat. Menu ini tersedia dimana-mana, di restoran mahal hingga di jalan-jalan.

4. Sambal

flightnetwork.com

Sambal merupakan salah satu bagian terbaik dari makan masakan Indonesia. Meski sambal bukan termasuk makanan utama, tapi kehadirannya hampir selalu ada di tiap makanan. Makanan pelengkap yang bahan utamanya dari cabai ini memiliki paduan rasa pedas dan manis yang sangat enak sebagai teman setiap masakan.

5. Bakso

flightnetwork.com

Jika kamu berencana pergi ke Indonesia, mungkin kamu akan beranggapan dengan cuacanya yang panas, buat apa makan sup yang juga panas. Tapi jangan salah, setelah tahu jenis sup yang tersedia di Indonesia bisa jadi kamu akan berubah pikiran. Bakso salah satunya. Hidangan yang terdiri dari bola daging dan disajikan dengan kuah kaldu ditambah mie atau bihun, ditaburi daun seledri, dan tidak lupa sambal, wah rasanya luar biasa dimakan saat panas.

6. Ayam goreng

flightnetwork.com

Indonesia tahu benar bagaimana membuat ayam goreng layaknya daerah Amerika bagian selatan. Daging ayam potong dibumbui dengan beberapa rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan bawang putih, kemudian digoreng hingga kulitnya garing.

7. Soto

flightnetwork.com

Jenis sup atau makanan berkuah sangat populer di Indonesia dan kamu bisa temui di tempat makan yang ada di jalan-jalan. Salah satu yang sering dicari adalah soto. Isinya bervariasi, tapi umumnya terdiri dari mie, kuah kaldu, bawang goreng, kadang ditambah telur, irisan daging ayam atau daging, dan ditemani dengan nasi.

8. Gado-gado

flightnetwork.com

Arti dari gado-gado secara harfiah sebenarnya “campur-campur”, dan itu sesuai dengan gambaran dari makanan ini. Gado-gado dibuat dari campuran bayam, kol, kacang panjang, jagung, kentang, telur, mentimun, dan tahu atau tempe, kemudian diberi saus kacang.

9. Kerupuk

flightnetwork.com

Kamu hampir tidak pernah duduk di restoran Indonesia tanpa melihat wadah kerupuk. Makanan renyah itu mirip dengan Cheetos dan diberi rasa mulai dari bawang putih, udang, hingga singkong. Jika kerupuk tidak ada di meja makan, bisa jadi kamu akan temui kerupuk sebagai hiasan dari makanan yang kamu pesan.

10. Ikan bakar

flightnetwork.com

Dengan jumlah pulau lebih dari 17.000 tidak heran jika kamu sering melihat menu ikan. Ikan bakar salah satunya. Ikan yang dibakar hingga renyah ini enak sekali jika dimakan langsung dengan tangan, tanpa menggunakan sendok. Dan tentunya ditemani dengan sambal.

You Might Also Like

0 comments

About me



mpok lala/lala gembul
jengkol lover; asinan addict
introvert bersampul ekstrovert

Recent Post