Seorang Wanita di Cina Bunuh Diri Setelah Dilarang Operasi Caesar

September 09, 2017

growingyourbaby.com

Media sosial Cina gempar setelah mendapat berita bahwa seorang wanita yang tengah hamil tua tewas bunuh diri dan itu terjadi setelah keluarga menolak permintaannya untuk operasi caesar. Dilansir dari bbc.com (07/09/17), wanita berusia 26 tahun bermarga Ma itu lompat dari jendela rumah sakit di daerah Utara Provinsi Shaanxi pada 31 Agustus kemarin. Dan anak yang sedang dikandungnya juga ikut tewas. 

Dokter dari Rumah Sakit Yulin Number One, Huo Junwei mengatakan kepada China Economic Daily bahwa Nona Ma telah meninggalkan kamarnya dua kali dan memberitahu keluarganya bahwa sakit yang dideritanya tak tertahankan, dan ia ingin menjalani operasi caesar. Tapi keluarga tidak mengizinkan prosedur tersebut. Hal ini dibantah oleh suaminya yang bermarga Yan dan mengatakan kepada Beijing Youth Daily bahwa mereka tidak pernah melarang operasi caesar.  

Pihak rumah sakit menyatakan bahwa usia kehamilan Nona Ma 41 minggu dan para dokter telah memutuskan akibat lingkar kepala janin yang besar, maka proses persalinan normal akan berisiko. Saat staf rumah sakit menyampaikan hal ini kepada keluarganya, pihak keluarga mengatakan bahwa mereka mengerti tapi menolak proses operasi dan ingin kondisi Nona Ma tetap dalam pengawasan. Dalam pernyataannya, pihak rumah sakit tidak menjelaskan hubungan anggota keluarga ini dengan Nona Ma. Tuan Yan membenarkan bahwa memang istrinya telah meninggalkan kamar sebanyak dua kali dalam keadaan kesakitan. Situasi tersebut membuat Tuan Yan gelisah dan ia pun diminta dokter untuk menemukan seseorang yang familiar dengan prosedur caesar. Saat Tuan Yan selesai menelepon, istrinya menghilang. “Mengetahui karakter istri saya, saya tidak berpikir ia akan memiliki rekasi yang begitu kuat”, ujarnya kepada Beijing Youth Daily.

bbc.com

Berdasarkan hukum di Cina, pihak rumah sakit harus mendapat izin dari anggota keluarga sebelum melakukan operasi besar. Akan tetapi reaksi para netizen menyayangkan mengapa Nona Ma tidak diizinkan untuk mengambil keputusan sendiri. Akun FreedomMarciaLeyuan mempertanyakan mengapa Nona Ma tidak bisa menandatangani sendiri padahal seorang wanita hamil lebih tahu situasinya sendiri. Pertanyaan ini kemudian mendapat 10.000 likes dari akun lainnya. Akun Wuli Laotiaotiao bahkan mengatakan bahwa keluarga Nona Ma harusnya dianggap sebagai pembunuh. 

bbc.com

Operasi caesar sendiri sangat populer di Cina karena dianggap lebih canggih dan kurang menyakitkan dibanding persalinan normal. Akan tetapi setelah kebijakan satu anak dihapus, para wanita diminta untuk berpikir dua kali sebelum memutuskan operasi caesar. “Para wanita perlu mempertimbangkan bahwa jika mereka memilih operasi caesar untuk kelahiran anak pertamanya, hal tersebut akan berpengaruh terhadap kehamilan kedua”, ujar Mao Qun'an dari Komisi Keluarga Berencana dan Kesehatan Nasional kepada Financial Times pada tahun 2016. Operasi caesar memang lebih berisiko dibanding persalinan normal. Proses ini bisa menyebabkan luka rahim dan kemungkinan adanya plasenta yang tertahan yang selanjutnya bisa berakibat pada komplikasi untuk kehamilan berikutnya. 

You Might Also Like

0 comments

About me



mpok lala/lala gembul
jengkol lover; asinan addict
introvert bersampul ekstrovert

Recent Post