Mengenal Bagong Kussudiardja, Tema Google Doodle Hari Ini

October 09, 2017

Bagi yang sedang menggunakan mesin pencari google pasti tidak asing dengan gambar di atas. Kali ini Google kembali mengusung tokoh Indonesia sebagai doodle di laman utama mesin pencarinya. Terlihat seorang laki-laki tua yang sedang duduk memegang kuas. Dialah Bagong Kussudiardja yang lahir tanggal 9 Oktober 1928 di Yogyakarta. Ayah dari seniman Butet Kertaradjasa dan Djaduk Ferianto ini merupakan seorang koreografer dan pelukis. 


profil.merdeka.com

Pengetahuan yang dimilikinya didapat setelah mengenyam pendidikan di bidang seni tari tradisional juga mancanegara. Ia pernah belajar tarian Jepang dan India serta berguru dengan koreografer legendaris Martha Graham di AS pada tahun 1957 hingga 1958. Seniman multi-talenta ini harus tutup usia pada tahun 2004.

Martha Graham (sumber : 13.performa-arts.org)

Selama hidupnya ia berhasil menciptakan lebih dari 200 tarian. Ia juga mendirikan Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja pada 1958 dan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja pada 1978 di Bantul Yogyakarta. Yang terakhir ini pernah dijadikan lokasi syuting film “Ada Apa dengan Cinta 2” yang tayang tahun lalu. 

fimela.com

archive.ivaa-online.org

Sumber : kompas.com

You Might Also Like

0 comments

About me



mpok lala/lala gembul
jengkol lover; asinan addict
introvert bersampul ekstrovert

Recent Post