5 Profesi Unik di Dunia, Bikin Sadar Bahwa Nyari Duit Gak Gampang

December 13, 2017

businessinsider.com

Berbagai cara orang lakukan untuk mencari nafkah yang halal. Mulai dari kerja di balik meja, sampai rela berpanas-panas dan hujan-hujanan seperti yang dilakoni para sales atau tukang ojek. Yang jelas, tidak ada satupun profesi di dunia ini yang bisa menghasilkan uang hanya dengan ongkang-ongkang kaki. Sekelas Bill Gates pun ia bisa menempati posisi sebagai orang terkaya di dunia setelah menjalani hari-hari di mana ia bekerja keras siang dan malam.

Nah dilansir dari businessinsider.com (14/03/17), ternyata ada lho profesi-profesi yang unik dan tidak biasa. Profesi apa saja? Simak ulasan berikut ini.

1. Pemerah bisa ular

businessinsider.com

Kita sudah terbiasa melihat peternak memerah sapi. Tapi ternyata ada lho profesi yang bertugas memerah bisa ular. Bisa ular tersebut diekstrak untuk kemudian digunakan oleh pihak rumah sakit ataupun penelitian terkait medis. Harga ekstrak bisa ular ini sangat mahal, satu gram bisa dijual seharga $ 1.000 atau sekitar Rp 13 juta.

Jika ingin melihat seperti apa proses ekstraksinya, bisa lewat video di bawah ini. Video yang dimuat oleh akun YouTube @Kentucky Reptile Zoo mengisahkan tentang Jim Harrison yang sudah sangat berpengalaman melakukan ekstraksi bisa ular. Berbagai luka dan gigitan sudah kenyang ia cicipi saat menekuni profesi yang terbilang unik dan berbahaya ini.


2. Pencium bau ketiak

businessinsider.com

Bayangkan saat panas keringetan di bus umum dan kamu harus mencium bau ketiak orang di depan kamu karena bus saat itu penuh sesak. Ngebayanginnya aja udah bikin mual ya. Siapa sangka ternyata dibalik kesuksesan produk-produk deodoran yang iklannya malang melintang di TV dan media sosial tersimpan pengorbanan para pejuang pencium bau ketiak.

Sebenarnya pekerjaan yang diberi nama “odor judge” atau penilai bau ini tidak hanya mencium ketiak, tapi juga bagian tubuh lain seperti kaki dan mulut. Tergantung jenis produk yang sedang diuji, bisa deodoran, obat kumur, atau sabun. Hal ini dilakukan untuk menguji efektivitas produk sebelum diluncurkan ke pasaran.

Madeline Albrecht seorang wanita yang sudah menekuni profesi unik ini selama 15 tahun bahkan pernah mencatatkan namanya di “Guiness World Record” karena telah mencium 5.600 kaki dan ketiak yang sudah tidak terhitung banyaknya. Ya ampun, nyari duit gini amat ya.

Untungnya gaji yang diberikan lumayan besar. Menurut tahupedia.com (13/02/15), profesi pencium bau ketiak ini dibayar kisaran $ 19.000 - $ 52.000 per tahun atau sekitar Rp 21 juta per bulan. Hmm... ada yang minat?

3. Penguji makanan hewan

businessinsider.com

Meski makanannya ditujukan untuk hewan, tetap saja diuji oleh manusia. Selain nilai nutrisi, makanan hewan ini juga diuji rasa, tekstur, dan aroma. Jika setelah makanan yang diuji masuk ke mulut dan ternyata rasanya tidak enak, maka kemungkinan besar hewan pun tidak akan menyukainya.

Meski diuji manusia, makanan tersebut tidak ditelan. Hanya dikunyah untuk diketahui kualitasnya kemudian dikeluarkan lagi. Perusahaan yang menggunakan profesi ini adalah para produsen makanan hewan.

4. Penentu jenis kelamin ayam

businessinsider.com

Judul pekerjaannya gak banget memang, tapi siapa sangka gajinya luar biasa. Profesi yang biasanya ada di Jepang dan Inggris ini bisa dibayar hingga $ 60.000 per tahun atau sekitar Rp 70 juta per bulan. Meski tampaknya mengada-ada, tapi profesi ini sangat mengandalkan intuisi jadi wajar kalau sedikit yang mampu. Dan biasanya yang sedikit itu bayarannya mahal.

tahupedia.com

Menurut tahupedia.com (13/02/15), meski biasanya jenis kelamin ayam itu gampang diketahui lewat bentuk jambul dan tubuhnya, tapi hal ini sulit dilakukan ketika mereka baru menetas. Padahal mengetahui jenis kelamin ayam sejak dini sangat penting untuk memisahkan mana ayam yang selanjutnya dijadikan sebagai petelur atau pedaging.

5. Tukang antri profesional

businessinsider.com

Siapa yang paling gak tahan kalau disuruh antri? Hehehe kayaknya semua orang deh. Tapi bagi orang-orang yang berduit, hal ini bisa diatasi dengan menyewa jasa tukang antri profesional. Biasanya dilakukan ketika momen diskon besar-besaran atau peluncuran produk baru, iPhone misalnya. Jumlah bayarannya pun bervariasi, salah seorang tukang antri mengaku pada Business Insider bahwa ia pernah mendapat hingga $ 1.000 seminggu. Wow!

You Might Also Like

0 comments

About me



mpok lala/lala gembul
jengkol lover; asinan addict
introvert bersampul ekstrovert

Recent Post